PIPS Unikama Studi Banding ke PPs UNY

Merupakan sebuah kehormatan apabila sebuah instansi menerima kunjungan studi banding dari instansi lain. Sebagai tujuan studi banding tentunya dirasa atmosfir akademik dan pembelajarannya lebih baik. Begitu yang dirasakan oleh  prodi S2 PIPS PPs UNY yang menerima kunjungan prodi PIPS PPs Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) pada hari Senin 8 Juni 2015 kemarin.

Rombongan Unikama dipimpin oleh Direktur Prof. Dr. H. M. Tauchid Noor, S.H., M.H., M.Pd., Sekretaris Direktur, Joice Soraya S.H., M.Hum., dua orang dosen yaitu Ifit Novita Sari, M.Pd., dan Dr., Supriyanto, M.Pd. Dari PPs UNY turut menyambut yaitu, Kaprodi PIPS, Kaprodi Pend. Geografi, dan Kaprodi Pend. Sejarah.

Dalam kunjungan study ini delegasi Unikama tertarik untuk menggali informasi berkaitan dengan kegiatan perkuliahan, kemahasiswaan, penelitian, PPM, kerjasama hingga program pengembangan pascasarjana. Perhatian khusus diberikan pada keberhasilan PIPS PPs UNY yang mendapatkan predikat akreditasi unggul (A) dari BAN PT belum lama ini.

Prof. Zamroni, Ph.D. selaku kaprodi PIPS memaparkan seluk beluk prodi. Beliau menyampaikan visi misi, tujuan, profil dan kompetensi lulusan. Selain itu, dalam pertemuan ini juga dipaparkan kurikulum yang dijalankan dalam pembelajaran di PPs UNY. Selanjutnya, beliau juga menyampaikan bahwa pada awalnya PIPS menawarkan beberapa konsentrasi antara lain Pendidikan Sejarah, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Geografi, PPKn, Pendidikan IPS Terpadu, dan Pendidikan Sosiologi. Namun seiring perjalanan waktu dengan terbitnya SK Penyelenggaraan prodi baru, maka saat ini tinggal dua konsentrasi saja yaitu, Pend. IPS Terpadu dan Pend. Sosiologi.

Selanjutnya, mulai tahun 2015 ini dibuka kelas internasional yaitu pada konsentrasi Indonesian Studies yang mempelajari Socio Cultural, Socio Economics, dan Socio Political. Sebagai kelas internasional tentunya perkuliahan disampaikan dengan bahasa Inggris.

Sebagai pecahan dari PIPS, turut urun rembug menambah hangat silaturahmi kaprodi Pend. Geografi, Dr. Muhsinatun Siasah dan kaprodi Pend. Sejarah, Dr. Aman, M.Pd. Beliau berdua juga nimbrung memberikan informasi yang berkaitan dengan kurikulum prodi PIPS dan penyusunan borang akreditasi prodi.

Direktur PPs Unikama, Prof. Dr. H. M. Tauchid Noor, S.H., M.H., M.Pd. mewakili rombongan menyampaikan terima kasih atas sambutan yang luar biasa dari PPs UNY. Selain itu, informasi dan data berharga yang diperoleh di sini semoga bisa dipergunakan untuk mengembangkan prodi PIPS di PPs Unikama. (Rubiman)