Dr. Aman, M.Pd. Doktor ke 78 PEP

Secara konseptual dan prosedural, model pengembangan yang digunakan pada penelitian Pengembangan Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas ini memakai  model Borg and Gall dengan memodifikasi 10 tahapan penelitian menjadi 4 tahap penelitian. Uji coba dalam penelitian dan pengembangan dilakukan tiga tahap yakni uji coba pendahuluan melibatkan 20 orang pakar dan praktisi pendidikan, uji coba utama diterapkan pada 241 subjek coba di SMA Negeri I Prambanan Klaten, dan uji coba operasional diterapkan pada 377 subjek coba di SMA Negeri I Yogyakarta, SMA Negeri 5 Yogyakarta, SMA Islam I Gamping Sleman, dan SMA Muhammadiyah Wates dengan melibatkan kepala sekolah, guru, dan siswa.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan model evaluasi pembelajaran sejarah yang dapat memberikan informasi yang tepat dan akurat bagi pimpinan sekolah dan guru serta bermanfaat secara optimal bagi pelaksanaan program pembelajaran sejarah di SMA. Dari Penelitian yang mengangkat permasalahan tentang Pengembangan Model Evaluasi Program Pascasarjana UNY berhasil meluluskan kembali seorang Doktor dibidang Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Dr. Aman sebagai Doktor Lulusan ke-78 Prodi PEP. Beliau masih berstatus sebagai dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi di UNY dengan masa studi 64 Bulan.